100 Tricks to Appear Smart in Meetings: How to Get by Without Even Trying

100 Tricks to Appear Smart in Meetings: How to Get by Without Even Trying

Matematika Tolong jawab ya gak ngasal

Hasil dari 1 4/7 x 3 2/5 =
a. 4 12/35
b. 3 14/35
c. 5 12/35
d. 2 12/35​

Tolong jawab ya gak ngasal

Hasil dari 1 4/7 x 3 2/5 =
a. 4 12/35
b. 3 14/35
c. 5 12/35
d. 2 12/35​

[tex]\begin{aligned} \sf hasil \: dari \: 1 \dfrac{4}{7} \times 3\dfrac{2}{5} \: adalah \: \: \: c. \: 5 \dfrac{12}{35} \end{aligned}[/tex]

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

PENDAHULUAN

[tex]\begin{aligned} \sf bilangan \: pecahan \: memiliki \: bentuk \frac{q}{z} \: \: \: \: \\ \sf yang \: dimana \: q \: sebagai \: pembilang \: dan \\ \sf z \: sebagai \: penyebut \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \end{aligned}[/tex]

PEMBAHASAN

pecahan biasa

  • yaitu pecahan yang terdiri dari pembilang dan penyebut

pecahan campuran

  • pecahan yang terdiri dari bilangan bulat, pembilang dan penyebut

pecahan desimal

  • suatu bilangan yang didapatkan dari hasil pembagian bilangan pecahan, namun pecahan desimal memiliki tanda koma (,)

persen

  • suatu bilangan yang memiliki simbol (%). jika dalam bentuk pecahan maka persen itu per seratus (.../100)

permil

  • suatu bilangan yang memiliki simbol (‰). jika dalam bentuk pecahan maka permil itu per seribu (.../1000)

pecahan senilai

  • merupakan suatu pecahan yang nilainya sama tetapi besaran nya berbeda. mencari pecahan senilai bisa dilakukan dengan mengalikan nya atau membagikan nya

[tex]\boxed{\begin{aligned}\sf contoh \: pecahan \: biasa : \boxed{\dfrac{1}{2}} \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \\ \sf contoh \: pecahan \: campuran : \boxed{ 1 \dfrac{2}{3}} \: \: \: \: \: \: \\ \sf contoh \: desimal : \boxed{1,2 }\: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \\ \sf contoh \: persen : \boxed{ 12\%} \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \:\: \: \: \: \: \: \: \\ \sf contoh \: permil: \boxed{12 \:\%{\tiny 0}} \: \: \: \: \:\: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \\ \sf contoh \: pechan \: senilai: \boxed{ \dfrac{1}{2},\dfrac{2}{4}, \dfrac{4}{8}} \: dst\end{aligned}}[/tex]

Operasi Hitung Pecahan;

[tex]\begin{aligned}\tt hitung \: perkalian: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \\ \dfrac{c}{d} \times \dfrac{e}{f} = \dfrac{c \times e}{d \times f} \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \:\\ \tt hitung \: penjumlahan: \: \: \: \: \: \: \: \: \\ \dfrac{c}{d} + \dfrac{e}{f} = \dfrac{( c\times f) + (e \times d)}{ d\times f} \\\tt hitung \: pembagian: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \\ \dfrac{c}{d} \div \dfrac{e}{f} = \dfrac{c}{d} \times \dfrac{f}{e} = \dfrac{ c\times f}{d \times e} \: \:\: \: \\ \tt hitung \: pengurangan: \: \: \: \: \: \: \: \: \\ \dfrac{c}{d} - \dfrac{e}{f} = \dfrac{(c \times f) - (e \times d)}{d \times f}\end{aligned}[/tex]

contoh pecahan campuran ke pecahan biasa:

  • penyebut × bilangan bulat + pembilang

[tex]\boxed{a \dfrac{b}{c} = \dfrac{c \times a + b}{c} = \dfrac{n}{c}} [/tex]

[tex]\boxed{ 1\dfrac{2}{3} = \dfrac{3 \times 1 + 2}{3} = \dfrac{5}{3}}[/tex]

contoh pecahan ke desimal:

  • pembilang ÷ penyebut

[tex]\boxed{\dfrac{a}{b} = a \div b = n} [/tex]

[tex]\boxed{\dfrac{1}{2} = 1 \div 2 = 0,5} [/tex]

contoh pecahan ke persen:

  • kalikan pembilang nya dengan seratus, lalu hasil dari perkalian tadi dibagi dengan penyebut nya, dan itu hasilnya

[tex]\boxed{\dfrac{a}{b} = \dfrac{a \times 100}{b} = \dfrac{ n}{b} = n\%} [/tex]

[tex]\boxed{ \dfrac{1}{2} \times \dfrac{1 \times 100}{2} = \dfrac{100}{2} = 50\%}[/tex]

  • penyebut dikali berapa yang hasilnya 100, lalu pengkali nya tadi di kalikan dengan pembilang, dan itu hasilnya

[tex]\boxed{\dfrac{a}{b} = \dfrac{a \times n}{b \times n} = \dfrac{n}{100} = n\%} [/tex]

[tex]\boxed{\dfrac{1}{2} = \dfrac{1 \times 50}{2 \times 50} = \dfrac{50}{100} = 50\%} [/tex]

contoh menyederhanakan pecahan:

  • mencari angka yang bisa sama sama membagi pembilang dan penyebut

[tex]\boxed{\dfrac{a}{b} = \dfrac{a \div n}{b \div n} = \dfrac{n}{n}} [/tex]

[tex]\boxed{\dfrac{2}{4} = \dfrac{2 \div 2}{4 \div 2} = \dfrac{1}{2}} [/tex]

PENYELESAIAN

pertanyaan

[tex]\begin{aligned}1 \dfrac{4}{7} \times 3\dfrac{2}{5} \end{aligned}[/tex]

langkah-langkah

pertanyaan kali ini berkaitan dengan perkalian pecahan. berikut ini langkah penyelesaian dari 1 4/7 × 3 ⅖

  • ubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa
  • kalikan ( pembilang × pembilang dan penyebut × penyebut
  • cari hasilnya, hasil paling sederhana lalu dijadikan pecahan campuran

[tex]\begin{aligned}1 \dfrac{4}{7} \times 3\dfrac{2}{5} = \dfrac{7 \times 1 + 4}{7} \times \dfrac{5 \times 3 + 2}{5} \\ \\ = \dfrac{11}{7} \times \dfrac{17}{2} = \dfrac{11 \times 17}{7 \times 2} \: \: \: \: \: \\ \\ = \frac{187}{35} = 5\frac{12}{35} \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \: \end{aligned}[/tex]

KESIMPULAN

jadi hasil dari 1 4/7 × 3 ⅖ adalah 5 12/35

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

Pelajari Lebih Lanjut

  • cara mengubah pecahan biasa ke desimal: https://brainly.co.id/tugas/30736712
  • menentukan pecahan yang senilai: https://brainly.co.id/tugas/950833
  • cara mengurutkan pecahan dari yang terkecil ke terbesar: https://brainly.co.id/tugas/411448

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

Detail Jawaban

  • ❐ Mapel: Matematika
  • ❐ Kelas: 5 ( V )
  • ❐ Materi: Pecahan
  • ❐ Kode Soal: 2
  • ❐ Kode Kategorisasi: 5.2.5
  • ❐ Kata Kunci: Pecahan, Operasi Hitung Pecahan, Perkalian Pecahan
[answer.2.content]